Saturday, March 17, 2012

FILSAFAT ILMU ALAMIAH

Yang  menjadi objek I. A adalah semua materi dalam alam semesta ini. I.A. meneliti sumber alam yang mengaturnya. Pertanyaan tentang siapa yang mengatur alam ini merupakan pertanyaan filsafat. Untuk itu ada 3 pandangan tentang filsafat ilmu alamiah.

1.    Vitalisme
Merupakan suatu doktrin  yang menyatakan adanya  kekuatan diluar   alam. Kekuatan itu memiliki peranan yang esensial mengatur segala sesuatu yang terjadi di  Alam semesta ini (misalnya Tuhan). Pendapat ini ditantang oleh beberapa orang lain karena dalam ilmu alamiah dikatakan bahwa segala sesuatunya harus dapat dianalisis secara eksperimen atau harus cocok dengan metode ilmiah.
2.    Mekanisme
Penyebab segala gerakan di alam semesta ini dikarenakan hukum alam (misalnya fisika atau kimia). Paham ini menganggap bahwa gejala pada mahluk hidup secara otomatis terjadi hanya berdasar peristiwa fisika–kimia belaka. Pandangan ini menyamakan gejala pada mahluk hidup dengan gejala benda tidak hidup sehingga perbedaan hakiki tidak ada. Dengan begitu dapat menghanyutkan manusia ke pandangan materialisme yang selanjutnya kepada Atheisme.
3.    Agnotisme
Untuk menghindari pertentangan  vitalisme dan mekanisme maka aliran ini timbul, dimana aliran ini melepaskan atau tidak memperhatikan sisi dari sang pencipta. Mereka yang mengkuti aliran ini, hanya mempelajari gejala-gejala alam saja, aliran ini banyak dianut oleh ilmuwan Barat.
4.    Filsafat Pancasila
Paham yang menjembatani  dari 2 aliran yang menyatakan bahwa alam dan  hukumnya terjadi karena ciptaan Tuhan dan proses selanjutnya menurut filsafat mekanisme (hukum alam). Hukum alam itu adalah sama dengan hukum Tuhan. Dapat dilihat dari kehidupan makhluk hidup dari awal sampai akhir.

No comments:

Post a Comment